Senin, 30 Januari 2012

Cintailah Lingkungan Kita

Cinta lingkungan, sebuah fenomena mudah, tetapi kadangkala menjadi susah karena di lupakan. Banyak cara agar kita terlihat dan menjadi bijaksana, paling tidak bijaksana memperlakukan alam lingkungan kita. Kata -kata yang sekali lagi mudah, tetapi sudahkah kita bisa menerapkannya?. Paling sederhana dalam berperilaku adalah membuang sampah dan tata caranya.


Sampah adalah produk sisa yang kita hasilkan sehari - hari. Beberapa kali kita lihat informasi mengenai proses pengolahan sampah menjadi barang yang kembali bermanfaat, misalnya: untuk kompos pertanian, apabila wujud sampahnya berupa sampah organic. Yang sulit adalah pengolahan sampah non organic, misalnya: bungkus makanan kecil.

Kita melihat kesukaan anak - anak pada jajanan berbungkus plastik telah memperbanyak jumlah sampah di jalanan dan got - got saluran air kotor. Sudah menjadi ‘kewajaran’ bila pemandangan di sekitar halaman sekolah, sekitar kios atau warung perumahan, dipenuhi oleh sampah - sampah plastik tersebut. Anak - anak itu tampak biasa saja membuang kantong plastik kosong bekas wadah minumannya ke jalan, berikut sedutannya, begitu pula kantong plastik kemasan makanan keripiknya. Pada sisi lain para pedagang tidak menyiapkan kotak tempat sampah di sebelah warungnya.
Beberapa saat lalu, aku melihat seorang gadis membuang sampah di jalan lewat jendela mobilnya. Kelakuan membuang seenaknya, tanpa perasaan risih ternyata juga dimiliki oleh kalangan orang dewasa, si gadis dengan ‘entheng’ melemparkan sampah kotor tersebut keluar jendela tanpa memikirkan : ‘seorang pengendara motor akan tertimpuk sampah yang dilempar itu’. Pada kesempatan lain, seorang nyonya besar dengan entengnya membuang kertas tissue melalui jendela mobil sedan mewahnya, bahkan gelas kosong bekas minuman mineral.
Apakah mereka tidak menyiapkan kantong plastik ‘kresek’ untuk menampung sementara sampah selama perjalanan, untuk selanjutnya membuang di tempat sampah akhir setelah sampai di tujuan ?. Menurut protokoler masyarakat negeri maju, ketentuan berperilaku ‘modern’ seharusnya menyertai produk teknologi modern yang mereka kendarai sehari - hari. Inilah yang disebut tak bijaksana, bahkan cenderung bodoh.

Sekarang ini, lihatlah di sudut - sdudut perkotaan maju, justru sampah di abaikan, banyak yang teronggok tanpa ada yang menyentuhnya agar bersih dan terjaga dari sakit. Kantung plastik yang paling banyak terlihat, yang pada dasarnya sebuah sampah yang sulit di cerna oleh alam. Darimanakah asal kantung - kantung sampah tersebut ? Jawaban yang mengusik nurani kita adalah, apakah ini berasal dari penumpang - penumpang mobil yang membawa sampahnya dari rumah, lalu sambil lewat di jalan tersebut mereka sekalian membuangnya keluar ? apabila memang benar, apakah operasional pemungutan sampah tidak berjalan dengan baik di lokasi perumahan sekitar kawasan tersebut ?

Kebiasaan membuang sampah semaunya ini ternyata tidak ditemukan dikawasan - kawasan non - terpelajar, namun justru berlangsung di kawasan - kawasan elit. Bahkan pada masyarakat kecil nirsekolah kita lihat, justru mereka lebih bertanggung jawab membuang sampah pada halaman rumahnya , mengubur, atau mengolahnya, tanpa mengotori ekosistem. Perilaku ‘menyampah’ yang masih melekat pada masyarakat kota ternyata sangat sulit dihilangkan. Bahkan ini dilakukan oleh semua kalangan umur dan semua level sosial. Sudah saatnya kita memulai gerakan : Jeda sejenak dari rutinitas sehari - hari kita untuk bersi - bersih lingkungan. Kita beramai - ramai memunguti bungkusan - bungkusan sampah yang terserak di lingkungan rumah tinggal kita sejauh radius 500 meter.

Cobalah lihat dan pasti sering kita jumpai, seorang bapak tua nan enerjik, di jalanan, yang hingga saat ini masih berkeliling kota naik sepeda, setiap hari, sambil membawa pengki dan sapu ijuk, ikut serta membersihkan sampah di tepian jalan dalam cakupan radius puluhan kilometer dari rumahnya, demi rasa cintanya pada kota tanpa ada yang mengupahnya. Sebab beliau melakukannya atas panggilan hati. Mengapa kita tak bisa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar